You are currently viewing Ecofriends Perlu Berhati-Hati Dengan Obat Ini
https://www.freepik.com/free-photo/portrait-girl-sitting-bed-looking-blisters-pharmaceutical-pills_3882689.htm#page=2&query=kid%20with%20drug&position=42&from_view=search&track=sph

Ecofriends Perlu Berhati-Hati Dengan Obat Ini

Tak sama seperti kita, Si Kecil masih sangat sensitif dengan banyak hal  salah satunya penggunaan obat. Karenanya, berhati-hatilah saat Ecofriends akan memberikan obat bagi Si Kecil meski ia adalah obat rendah risiko seperti herbal sekalipun. Hal pertama yang harus kita perhatikan sebelum memberikan Si Kecil obat adalah terlebih dahulu berkonsultasi dengan dokter. Setelahnya, patuhilah dosis aman obat tersebut, utamakan mengikuti anjuran dokter untuk dapat berhati-hati dengan obat-obatan tertentu.

Orang Juga Membaca: Saat Si Kecil Belajar Berjalan

Namun, sekadar informasi bahwa terdapat beberapa jenis obat yang dapat dikategorikan berbahaya, yaitu:

  • Obat batuk pilek umum

Secara umum pemberian obat batuk dan pilek bagi bayi kurang direkomendasikan. Hal ini mungkin terjadi karena tingkat efisiensi penyembuhan penyakit yang tidak menonjol apabila kita bandingkan dengan tanpa menggunakan obat. Justru, penggunaan yang terlalu berat akan mengundang bahaya baru seperti efek samping obat yang mudah muncul. Si Kecil mungkin terkena masalah tekanan darah, detak jantung, muntah hingga masalah pernapasan.

  • Obat mual muntah

Obat ini merupakan obat yang memiliki reaksi yang cukup kuat, sehingga jangan memberikan obat ini secara sembarangan pada Si Kecil. Penggunaan yang tidak tepat dan asal-asalan akan menimbulkan reaksi komplikasi pada Si Kecil. Muntah pada Si Kecil umumnya tidak akan berlangsung lama sehingga masih dapat Ecofriends tangani. Namun, jika muntahnya terjadi berkepanjangan apalagi hingga Si Kecil mengalami dehidrasi, segera berikan oralit sesuai berat Si Kecil dan langsung menghubungi dokter.

  • Obat Aspirin

Memberikan obat aspirin dan sejenisnya tanpa ada saran dokter merupakan kesalahan fatal. Aspirin merupakan obat yang dapat dijual dengan bebas, namun, bukan berarti obat yang dijual bebas berarti tidak akan menimbulkan risiko. Pada beberapa kasus, terdapat beberapa bayi yang menderita Reye’s syndrome, yaitu kondisi saat terjadinya pembengkakan hati dan otak. Apabila kita perlu memberinya obat untuk mengurangi demam, konsultasikanlah pada dokter tentang pemberian acetaminophen atau ibuprofen.

  • Obat tetes mata

Saat Si Kecil mengeluhkan rasa gatal pada matanya, jangan berikan ia obat tetes mata yang biasa Ecofriends gunakan. Seperti yang kita tahu, Si Kecil masih dalam masa berkembang secara fisik sehingga obat tetes mata yang biasa kita gunakan sama sekali tidak cocok bagi matanya.

Orang Juga Membaca: Mencegah Stunting Sejak Dini

Beberapa obat lainnya seperti daftar di bawah ini pun perlu untuk Ecofriends hindari, antara lain;

  • Obat tablet keras
  • Obat kadaluarsa
  • Obat dengan resep yang bukan untuk Si Kecil

Nah tadi adalah pembahasan kita terhadap obat-obatan yang sebaiknya tidak kita berikan bagi Si Kecil. Semoga kita semakin dapat berhati-hati dengan obat tadi, ya! -KJ

Tinggalkan Balasan