You are currently viewing Busui Merasa Mudah Lapar? Ini Penyebabnya!
Image by Freepik

Busui Merasa Mudah Lapar? Ini Penyebabnya!

Menjaga asupan makanan yang seimbang dan memadai sangat penting bagi ibu yang sedang menyusui. Ecofriends, jika Busui merasa mudah lapar apalagi secara berlebihan, mungkin saja berikut ini adalah beberapa alasan mengapa hal itu bisa terjadi:

Baca Juga: Ibu Hamil Kesulitan Tidur? Kenapa?

  • Proses Metabolisme yang Meningkat

Proses menyusui meningkatkan metabolisme tubuh secara signifikan. Produksi ASI membutuhkan energi ekstra tentunya, sehingga tubuh memerlukan lebih banyak kalori untuk memenuhi kebutuhan nutrisi selama proses menyusui.

  • Kontraksi Rahim dan Penggunaan Energi

Selama menyusui, rahim juga melakukan kontraksi untuk kembali ke ukuran semula setelah melahirkan. Proses ini membutuhkan banyak energi, yang dapat menyebabkan rasa lapar yang lebih sering pada ibu menyusui.

  • Produksi ASI yang Meningkat

Peningkatan produksi ASI pada awal menyusui bisa menyebabkan ibu menyusui merasa lebih lapar. Proses ini membutuhkan lebih banyak nutrisi dan cairan dalam tubuh, sehingga meningkatkan kebutuhan akan makanan dan minuman.

  • Kekurangan Cairan Tubuh

Dehidrasi atau kekurangan cairan juga bisa menjadi penyebab rasa lapar yang lebih sering. Penting bagi ibu menyusui untuk minum air yang cukup untuk menjaga produksi ASI dan menghindari rasa lapar yang disebabkan oleh kekurangan cairan.

  • Kebutuhan Nutrisi yang Meningkat

Selain itu, proses menyusui juga membuat tubuh membutuhkan lebih banyak nutrisi tertentu seperti protein, lemak sehat, dan vitamin untuk memastikan kualitas ASI yang baik.

  • Efek Psikologis dan Emosional

Beberapa ibu menyusui mungkin juga merasa lapar karena adanya faktor psikologis atau emosional. Stres, kelelahan, atau perubahan hormon setelah melahirkan dapat mempengaruhi nafsu makan.

Baca Juga: Gejala dan Bahaya Cacingan pada Anak

  • Pola Makan yang Tidak Teratur

Pola makan yang tidak teratur atau tidak seimbang juga bisa membuat ibu menyusui merasa lapar secara berlebihan. Mengonsumsi makanan yang kaya akan gula atau karbohidrat sederhana bisa membuat rasa lapar datang lebih cepat.

  • Aktivitas Fisik yang Meningkat

Aktivitas fisik yang lebih tinggi dari biasanya, seperti mengurus bayi atau melakukan pekerjaan rumah tangga, juga dapat meningkatkan kebutuhan akan energi dan menyebabkan rasa lapar yang lebih sering.

Penting bagi Ecofriends sebagai ibu menyusui untuk menjaga pola makan yang seimbang dan teratur. Pilihlah makanan bergizi tinggi seperti sayuran, buah-buahan, protein, dan karbohidrat kompleks. Pastikan juga untuk minum air yang cukup untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi.

Konsultasikan dengan ahli gizi atau dokter jika Ecofriends merasa lapar secara berlebihan atau jika ada kekhawatiran tentang pola makan saat menyusui. Memahami penyebab rasa lapar yang berlebihan dapat membantu Ecofriends untuk mengatur pola makan yang lebih baik selama masa menyusui.

Semoga informasi ini membantu Ecofriends untuk memahami beberapa penyebab umum di balik rasa lapar yang sering terjadi pada ibu yang sedang menyusui dan bagaimana mengatasi hal tersebut dengan pola makan yang tepat. -KJ

Tinggalkan Balasan