You are currently viewing Ecofriends Mengalami Maag Saat Hamil?
https://www.freepik.com/free-photo/woman-touching-hurting-belly-bed_1935531.htm

Ecofriends Mengalami Maag Saat Hamil?

Sakit maag cukup sering jadi keluhan sebagian besar ibu hamil. Mungkin salah satunya adalah Ecofriends. Kondisi ini tentu membuat Ecofriends tidak nyaman. Karenanya penting buat Ecofriends atasi maag saat hamil.

Maag atau dispepsia ditandai dengan gejala seperti nyeri perut atau ulu hati dan bekurangnya nafsu makan. Kondisi ini juga bisa saja beriringan dengan keluhan lain seperti morning sickness. 

Baca Juga: Mengenal Metode Persalinan Eracs Bagi Mama

Gejala sakit maag

Selain rasa perih atau nyeri di perut atau ulu hati, Ecofriends yang hamil juga akan merasakan gejala lain saat maag sedang kambuh seperti:

  • Mulas
  • Perut kembung
  • Sering sendawa
  • Mual dan muntah

Penyebab sakit maag saat hamil

Ecofriends mungkin sering mendengar bahwa maag kambuh karena terlambat makan. Namun saat Ecofriends hamil, ada beberapa hal yang dapat menyebabkan sakit maag saat hamil seperti:

  • Perubahan hormon

Salah satu penyebab maag saat Ecofriends hamil adalah berubahnya kadar progesteron. Perubahan hormon ini akan menyebabkan otot kerongkongan bagian bawah melemah. Otot kerongkongan seharusnya berkontraksi dan menutup saluran antara kerongkongan dan lambut setelah makanan turun ke lambung.

Saat Ecofriends hamil, otot kerongkongan melemah sehingga asam lambung mudah naik ke kerongkongan.

  • Pertumbuhan janin

Pertumbuhan janin tentu juga beriringan dengan ukuran rahim yang makin membesar. Kondisi ini menyebabkan rahim menekan lambung, sehingga Ecofriends yang hamil bisa mengalami gejala maag.

Cara atasi maag saat hamil

Lantas apa yang bisa Ecofriends lakukan saat ini agar terhindar dari maag? Ecofriends bisa lakukan tips berikut:

  • Atur posisi duduk

Jika Ecofriends terbiasa duduk dengan posisi bersandar atau membungkuk saat makan, maka Ecofriends harus menghentikan kebiasaan ini. Karena posisi duduk tersebut bisa membuat asam lambung lebih mudah naik. Biasakan untuk duduk dengan tegak saat makan ya, Ma!

  • Atur posisi tidur

Selain mengatur posisi duduk, tips atasi maag saat hamil adalah mengatur posisi tidur. Posisi tidur yang salah dapat menyebabkan gejala sakit maag Ecofriends kambuh. Ketika Ecofriends berbaring atau tidur, usahakan untuk menempatkan posisi kepala lebih tinggi agar asam lambung tidak mudah  naik.

Lakukan dengan mengganjal punggung menggunakan dua bantal saat tidur, Ma. Pastikan posisi tak terlalu tinggi dan Ecofriends tetap merasa nyaman ya!

  • Perhatikan makanan yang Ecofriends konsumsi

Maag juga dapat disebabkan oleh konsumsi makanan yang memicu maag. Seperti makanan pedas dan makanan berminyak atau berlemak. Tak hanya makanan, minuman beralkohol juga berkafein seperti kopi, teh, dan sofa juga dapat memicu maag.

Karenanya Ecofriends harus hindari konsumsi mkanan dan minuman tersebut untuk mencegah risiko sakit maag saat hamil. Untuk mengatasi sakit maag karena makanan, Ecofriends bisa mencoba mengonsumsi teh jahe. Jahe baik untuk Ecofriends konsumsi untuk mengatasi mual dan muntah saat hamil.

  • Menghentikan kebiasaan merokok

Kebiasaan merokok dapat melemahkan fungsi otot antara kerongkongan dan lambung yang harusnya menutup saat makanan masuk ke lambung. Dengan demikian, Ecofriends harus berhenti merokok selama hamil.

Merokok dapat membahayakan kehamilan dan juga kondisi janin. Risiko seperti bayi lahir dengan berat badan rendah, prematur, cacat lahir, bahkan keguguran bisa meningkat jika Ecofriends tetap merokok saat hamil.

Baca Juga: Mengenal Manfaat Madu Bagi Si Kecil

Itulah tips yang bisa Ecofriends lakukan untuk atasi maag saat hamil. Bila maag yang Ecofriends rasakan tidak kunjung sembuh, Ecofriends harus segera berkonsulasi dengan dokter. Sehingga dokter dapat melakukan pemeriksaan secara langsung dan Ecofriends dapat pengobatan terbaik. –MR

Tinggalkan Balasan