You are currently viewing Saat Si Kecil Belajar Berjalan
https://www.freepik.com/free-photo/baby-walking-with-parent-close-up_23675062.htm

Saat Si Kecil Belajar Berjalan

Setelah ia banyak menjelajahi lingkungan dengan merangkak, Si Kecil kini sudah masuk ke masa berjalan. Moms kini pasti sedang sedang karena telah saatnya melatih Si Kecil belajar berjalan. Hal yang paling utama untuk kita peratikan adalah kewaspadaan bagi Si Kecil ya. Lalu, bagaimana sih tips untuk melatih Si Kecil berjalan agar aman dan efektif? Yuk kita ketahui bersama di pembahasan ini!

Baca Juga: Mencegah Stunting Sejak Dini

Tips Melatih Si Kecil Untuk Berjalan

Moms dapat melakukan beberapa cara ini untuk meningkatkan stimulasi Si Kecil untuk dapat berjalan, antara lain:

  • Menggunakan Alat Rumah Tangga

Cara pertama yang sederhana adalah dengan memanfaatkan peralatan di sekitar rumah. Benda-benda itu akan menjadi penopang Si Kecil sehingga ia dapat menjadi lebih percaya diri. Saat bayi belajar berjalan, ia akan menggunakan beberapa pola gerak baru dari posisi duduk menjadi berdiri. Nantinya, sedikit demi sedikit ia akan semakin lebih percaya diri dan mulai untuk sesekali berani melepas pegangannya, saat inilah kita harus waspada namun tetap membiarkannya belajar.

  • Memberikan Ruang dan Waktu

Melatih Si Kecil untuk belajar berjalan adalah hal yang tidak mudah. Maka dari itu, kita perlu memberikannya ruang dan waktu yang cocok. Tempatkanlah Si Kecil di area lantai lebih sering sehingga ia memiliki ruang yang lega untuk mengeksplorasi dan berlatih. Biarkan Si Kecil merasakan pijakan kaki sehingga ia semakin merasa aman dan lebih berani.

Baca Juga: Stretch Mark Yang Harus Diatasi Setelah Melahirkan

  • Biarkan Ia Bertelanjang Kaki

Usia umum bayi mulai dapat belajar berjalan adalah ketika ia sudah mencapai usia 7 bulan . Namun demikian, beberapa bayi juga masih belum mampu belajar sendiri hingga usia 12 bulan. Jika hal ini terjadi, maka terdapat satu tips yang perlu dicoba. Melatih Si Kecil berjalan dengan cepat dapat kita lakukan dengan tidak memberikannya alas kaki untuk merangsang sensorimotor Si Kecil.

Saat melatih, Moms tidak perlu memberikannya sepatu khusus namun terlebih dahulu pastikan  permukaan lantainya pun cukup aman.

  • Hindari Menggendong Bayi Terlalu Sering

Ketika Si Kecil menangis, akan memicu kita untuk reflek menggendongnya. Meski begitu,, hal ini perlu untuk kita kurangi kecuali memang serius. Hiburlah ia jika ia menangis dengan beberapa hal seperti mimik wajah yang lucu hal yang ia suka. Jika ia terjatuh dan terhitung masih sering, maka itu tidaklah menjadi masalah. Ini merupakan proses yang perlu ia lalui, Moms!

Baca Juga: Babysitter Yang Tepat Untuk Si Kecil

  • Pancing Dengan Mainan Kesukaannya

Sebagai orangtua, kita pasti harus menjadi kreatif dalam mengurus Si Kecil khususnya dalam masa pembelajaran seperti saat ia belajar berjalan kaki. Salah satu cara yang boleh kita coba adalah dengan memancingnya dengan memberikan mainan kesukaannya. Memberikan mainan favoritnya akan menjadi daya tersendiri baginya. Dengan begitu, ia akan terlatih mengejar sesuatu dan melatih banyak hal seperti kemampuan sensorimotor, otot, hingga penglihatannya.

Melatih Si Kecil dalam belajar memang akan menjadi masa yang cukup menantang, namun jika kita dapat menerapkan beberapa tips di atas maka ini juga akan mempermudah proses belajarnya. Jangan ragu mencoba, ya! -KJ

Tinggalkan Balasan