You are currently viewing Mengenalkan Finger Food Bagi Si Kecil
https://www.freepik.com/free-photo/cute-baby-boy-highchair-choosing-what-eat_10952475.htm#query=finger%20food&position=3&from_view=search&track=sph

Mengenalkan Finger Food Bagi Si Kecil

Sejak Si Kecil baru lahir, ia wajib mendapatkan asupan ASI dalam 6 bulan pertama kehidupannya. Setelah memasuki fase hidup 6 bulan tersebut, barulah Mama dapat memperkenalkan makanan pendamping ASI (MPASI). Ada banyak modelan MPASI, salah satu yang cukup popular adalah Finger Food. Makanan dengan model ini sangatlah baik untuk melatih kemampuan motorik Si Kecil karena dengan makanan ini ia akan mulai melatih kemampuan menggenggam benda dengan ototnya..

Baca Juga: Ecofriends Perlu Berhati-Hati Dengan Obat Ini

Aturan memberikan Finger Food bagi bayi

Sebelum memperkenalkan Si Kecil dengan Finger Food, Mama terlebih dahulu harus memastikan bahwa ia sudah mampu mengunyah dan menghaluskan makanan dengan otot rahangnya. Hal berikutnya adalah memastikan bahwa ia sudah dapat duduk dengan tegak dengan sempurna. Hal ini perlu Mama pastikan karena meski Finger Food dapat kita berikan saat usianya sudah di atas enam bulan, tetap saja pertumbuhan setiap anak tentu berbeda-beda, karena itu patokan utama bukanlah dari usia enam bulan tersebut.

Poin penting lainnya adalah dengan mengamati pola makan Si Kecil. Mama dapat memperhatikan kebiasaannya seperti memasukkan sendok ke mulut atau memain mainkan jarinya saat makan. Jika ini terjadi, maka kemungkinan besar ia sudah siap untuk berkenalan dengan Finger Food. Sebagai awalan, Mama dapat mengenalkannya dengan Finger Food lunak dengan potongan yang sangat kecil terlebih dulu sebari melihat bagaimana reaksinya.

Ide Finger Food yang Mama dapat pilih

Jika dirasa sudah mendapatkan waktu yang pas, kini kita akan membahas beberapa opsi Finger Food yang pas untuk Si Kecil.

  • Buah-buahan lembut

Ecofrends pasti sangat sering mendengar buah-buahan sebagai bahan MPASI. Buah lembut dan matang adalah makanan yang sangat tepat untuknya. Pilihlah buah yang dapat ia pegang dan memiliki tekstur lembut serta mudah ia cerna seperti melon, pisang, atau ubi rebus.

Baca Juga: Saat Si Kecil Belajar Berjalan

  • Roti dan biskuit bayi

Ecofriends dapat memberikannya biskuit maupun roti-rotian lembut yang terlebih dahulu Mama potong berukuran kecil maupun stik. Makanan seperti ini akan bermanfaat untuk memberikan stimulasi perkembangan gusi dan gigi Si Kecil khususnya saat dia sudah mulai memasuki fase teething. Hal baik lainnya adalah makana ini akan mudah ia telan sehingga meminimalisir kemungkinan Si Kecil tersedak makanan.

  • Telur orak-arik

Telur orak-arik adalah pilihan yang cocok karena teksturnya sangat mudah untuk ia pegang. Telur haruslah matang dengan ukuran yang kecil. Jika mungkin, tak usah menambahkan garam ya. Memberinya telur sejak dini akan membantu kita mendeteksi kemungkinan adanya reaksi alergi yang ia miliki.

  • Tahu

Tahu adalah sumber protein nabati yang sangat umum dan baik bagi Si Kecil. Mama dapat memilih tahu yang memiliki tekstur sedikit keras dengan bentuk dadu agar ia dapat mudah menggenggamnya tanpa menghancurkannya.

  • Sayuran masak

Sayur yang telebih dulu dimasak akan menjadi menu Finger Food yang sangat baik untuk Si Kecil. Untuk menjaga selalu nutrisi, Mama dapat mengukus sayuran tersebut hingga menjadi lembut lalu memotongnya kecil-kecil. Beberapa sayur yang cocoko adalah wortel, buncis dan brokoli.

Nah, itu tadi adalah penjelasan kita seputar bahan Finger Food yang pas untuk tumbuh kembang Si Kecil. Sebenarnya masih banyak opsi bahan Finger Food baginya namun haol utama untuk kita perhatikan adalah teksturnya seperti tingkat kepadatan dan mudah untuk ia makan. Selamat mencoba! -KJ

 

Tinggalkan Balasan