Peran Dads saat Moms Sedang Menyusui Si Kecil

Biasanya akan timbul asumsi bahwa Moms memiliki peran yang lebih menonjol dibandingkan Dads. Jika memang terjadi maka mungkin permasalahannya hanya pada waktu karena biasanya Dads akan lebih banyak menghabiskan waktu di luar untuk bekerja. Namun, hal ini tentu tidak menjadi pembenaran bahwa Dads dapat berperan seadanya, ya!

Perlu kita ketahui bahwasannya peran Dads itu sangat penting, lho. Salah satunya adalah dengan cara membantu Moms kala menyusui. Dads harus tahu bahwa sebenarnya Moms pasti terkadang merasa kurang lengkap jika menyusui Si Kecil tanpa kehadiran Dads. Hal ini akan mempengaruhi secara positif terhadap keberhasilan ASI eksklusifnya nanti.

Peran ayah membantu ibu menyusui bisa dilakukan dengan cara yang sederhana kok. Sebab Mama pasti tahu banget kalau tanpa Papa, rasanya kuraaaang banget. Setuju, nggak? Hihi. Papa sebagai sosok yang paling dekat dengan Mama memiliki peran penting dalam pemberian ASI ekslusif Si Kecil. Artinya, tanpa Papa sadar bahwa peran ayah membantu ibu menyusui dapat mengoptimalkan tumbuh kembang Si Kecil.

Sayangnya hal ini belum disadari banyak orang, Mam. Karena biasanya pandangan mengurus Si Kecil apalagi menyusui pasti hanya tertuju pada Mama saja. Padahal Papa juga punya peran penting, lho! Menurut sebuah studi, keterlibatan peran ayah membantu ibu menyusui berdampak positif pada keberhasilan ASI ekslusif sehingga peran Dads juga sangat dibutuhkan untuk semakin meningkatkan kualitas program ASI tersebut.

Peran yang dapat Dads lakukan

Dads sekarang pasti semakin semangat untuk menyenangkan Moms dan Si Kecil, ya? Tapi bisa jadi Dads sekarang sedang kebingungan tentang apa peran yang bisa Dads lakuka saat Moms sedang menyusui. Tak perlu bingung, berikut di antaranya!

  • Menjadi Ayah ASI

Ayah ASI? Apa sih ini? Kan Dads tidak dapat menyusui?

Nah perlu kita jelaskan bahwa ayah ASI adalah sosok yang sepenuhnya mendukung penuh proses menyusui. Melakukannya berarti Dads harus mengetahui apa saja dan bagaimana proses Moms menyusui. Sebagai pelengkap juga terdapat banyak komunitas yang dapat Dads ikuti.

  • Selalu ada untuk Moms

Awal masa memiliki anak biasanya menjadi masa yang menantang bagi Moms. Di sinilah Dads bisa mengambil peran yaitu dengan mencoba selalu ada bagi Moms. Dads bisa selalu aktif berkomunikasi dengan Moms meski sedang bekerja atau mungkin dapat mengambil cuti saat Si Kecil baru lahir sehingga Moms tidak merasa sendirian dalam merawat Si Kecil. Poin utamanya ialah agar Moms tidak merasa sendirian saat menyesuaikan diri sebagai ibu baru.

  • Semakin banyak kontak fisik, semakin bagus!

Kontak kulit atau skin to skin merupakan cara yang mutlak untuk dapat mendekatkan diri dengan Si Kecil. Biasakanlah untuk mencuri kesempatan ini untuk sekadar cuddling, membacakan cerita saat ia akan tertidur di pangkuan Dads. Jika terus melakukannya dengan konsisten, cara tersebut akan membuat hubungan Dads dan Si Kecil akan sama dekatnya dengan Moms saat menyusui Si Kecil.

  • Menjadi lebih peka terhadap kebutuhan Moms

Menghadirkan quality time saat Moms tengah menyusui juga penting, lho! Penuhi segala keinginan Moms akan sangat bagus untuk membuat Moms senang dan yang akan meningkatkan produksi ASI. Selain itu terdapat beberapa tindakan lain yang dapat Dads lakukan untuk membantu Moms seperti membersihkan dapur, mencuci pakaian Moms dan Si Kecil atau bahkan memasak, pasti mengasyikkan!

Nah tadi adalah pembahasan kita seputar peran Dads selama masa Si Kecil menyusui dengan Moms. Peran kedua orangtua adalah sama-sama pentingnya untuk memaksimalkan program ASI Si Kecil. Semangat Dads! – KJ

Tinggalkan Balasan